Teknik Pencahayaan Studio Fotografi Outdoor Dan Indoor

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia fotografi yang mungkin Anda butuhkan, Teknik Pencahayaan Studio Fotografi Outdoor Dan Indoor.

Cara Pencahayaan Dan Tata Letak Lampu, Menjadi seorang fotografer handal memang perlu sebuah pengorbanan mulai dari biaya membeli kamera tersebut sampai waktu yang dihabiskan untuk berlatih agar bisa memotret dengan handal. Salah satu teknik untuk bisa menjadi fotografer profesional yaitu mengatur pencahayaan kamera karena bagian ini merupakan hal penting dan wajib dipelajari. Banyak sekali teknik pencahayaan dalam mengambil foto seperti pencahayaan alami, pencahayaan ruangan, hingga pencahayaan buatan. Bagi pemula tentunya hal tersebut cukup membuat bingung dan harus dipelajari lebih lanjut.

Perlu diketahui pencahayaan pada kamera sangat penting sekali untuk mengetahui hasil jepretan yang maksimal. Sebenarnya banyak teknik dalam memperoleh pencahayaan yang benar agar bisa memperoleh gambar terbaik. Nah buat anda pemula yang pengen handal dalam menjadi fotografer sebaiknya baca artikel saya ini karena akan banyak informasi mengenai teknik pencahayaan dalam fotografi.

teknik-pencahayaan-studio

  1. Front Light, Beberapa istilah pencahayaan yang ada di dunia fotografer diantaranya Front Light yaitu dimana posisi pencahayaan berada tepat di depan objek tersebut sehingga akan terlihat cahaya yang datar namun sebenarnya justru menjadi gambar yang menarik dan unik.
  2. Oval Light, Ada juga istilah Oval Light yaitu dimana cahaya tepat berada di arah sedikit menyamping dari posisi objek atau sekitar 45 persen. Biasanya cahaya ini banyak digunakan saat pengambilan gambar di sebuah studio atau ruangan yang membuat objek terlihat menarik dan nampak asli tanpa menghilangkan warnanya.
  3. Side Light, Ada juga Side Light yang berarti posisi cahaya juga berasal dari samping objek dan posisinya bayangan ada pada sisi lain.
  4. Rim Light, Berikutnya istilah Rim Light yaitu posisi cahaya berada dibelakang dalam sudut ¼ objek yang membuat bagian dari depan objek tersebut terlihat gelap namun justru itulah keunikan dari Rim Light ini karena menghasilkan hasil jepretan yang mengesankan.
  5. Back Light, Ada pula Back Light yang berarti cahaya tepat berada dibelakang foto. Teknik ini juga sering digunakan untuk memotret benda atau manusia menjadi gelap.
  6. Top Light, yaitu saat posisi pencahayaan berada tepat di atas objek sehingga memunculkan kilauan. Hasilnya bisa dilihat seperti kilauan rambut yang terkena cahaya jika posisi caha tersebut tepat berada di belakang objek.
  7. Ray of Light (RoL), yaitu posisi pencahayaan yang muncul dari tembusan awan, daun dan lain sebagainya. Biasanya cahaya seperti terjadi pada saat pagi hari.

Itulah beberapa teknik dan istilah dari pencahayaan saat memotret dengan berbagai jenis kamera baik menggunakan kamera DSLR, digital ataupun smartphone.

Source:

teknik pencahayaan fotografi indoor,tata letak lampu studio untuk pemotretan model outdoor dan indoor,teknik lighting fotografi outdoor,teknik lighting photo studio,teknik lampu studio,menjelaskan jenis teknik pencahayaan studio,foto indoor dengan studio sempit,cara pencahayaan maksimal dalam memfoto,tips lighting foto hijab indoor,belajar tata letak lightting foto studio

Teknik Pencahayaan Studio Fotografi Outdoor Dan Indoor | kameranikoncanon | 4.5